Friday 21 September 2012

Matematika smp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

            SEKOLAH                             :
            MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
            KELAS/SEMESTER : VII/1 (SATU)

Standar Kompetensi              :  
1.      Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan
      Masalah.

Kompetensi Dasar                :
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator                                :
1.      Memberikan contoh bilangan bulat
2.      Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3.      Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
4.      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat

Alokasi Waktu                      : 4 Jam Pelajaran

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat
2.      Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3.      Siswa dapat melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
4.      Siswa dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat

B.     Materi Ajar
1.      Jenis-jenis bilangan bulat
2.      Garis bilangan
3.      Operasi pada bilangan bulat
4.      Pangkat dua (kuadrat) dan pangkat tiga

C.     Metode Pembelajaran
      Ceramah, diskusi dan tanya jawab

D.    Langkah-Langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

PENDAHULUAN
1.      Apersepsi                         
      Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pengetahuan awal siswa/
      materi prasyarat.
2.      Motivasi
      Guru menyampaikan manfaat bilangan bulat seperti mencatat perubahan suhu udara,
      Mencatat penurunan berat badan dll.


KEGIATAN INTI
1.      Guru menyajikan pengetahuan deklaratif tentang cara menulis suhu di atas dan di
      bawah nol derajat.
2.      Guru menyajikan pengetahuan prosedural tentang prosedur menggambar bilangan  
      bulat pada garis bilangan
3.      Guru mengecek pemahaman siswa
4.      Guru menjelaskan himpunan bilangan bulat dan lambangnya dilanjutkan dengan
      penjelasan tentang lawan dari suatu bilangan bulat.
5.   Siswa mengerjakan soal no       dalam LKS
6.   Guru perlu memastikan bahwa +4 dan 4 adalah bilangan yang sama, bahwa untuk
      menuliskan suatu bilangan positip tanda + tidak perlu dituliskan
7.      Guru mengecek pemahaman siswa
8.      Guru menyajikan pengetahuan deklaratif tentang perlunya membandingkan beberapa
      bilangan bulat
9.      Guru menjelaskan prosedur membandingkan dua bilangan bulat yang diketahui
      dengan menggambar garis bilangan.
10. Guru membahas soal no      bersama siswa (lihat penilaian).
11. Guru mengecek pemahaman siswa
12. Guru membahas soal no      bersama siswa (lihat penilaian).
13. Guru membagikan LKS untuk dikerjakan siswa.

PENUTUP
1.      Guru bersama-sama siswa merangkum materi yang telah dibahas
2.      Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk dibahas serta memberi
      umpan balik terhadap jawaban siswa.
     
PERTEMUAN KEDUA

PENDAHULUAN
 1. Apersepsi           : Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan
                                   awal siswa.
 2. Motivasi             : Guru menjelaskan pentingnya materi ini untuk memahami materi
                                  selanjutnya dan manfaat dalam membantu mempermudah
                                  penyelesaian perhitungan kehidupan sehari-hari.
 KEGIATAN INTI
1.      Guru mengecek pemahaman siswa dalam operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
2.      Siswa secara berkelompok (4 -5 orang) mengerjakan LKS. Guru memonitor kerja siswa, memberi motivasi untuk bekerja sama dan memberikan bantuan seperlunya.
3.      Guru mengecek pemahaman siswa terhadap pengertian pecahan, pecahan sederhana dan pecahan campuran yang telah diterima.
4.      Siswa secara berkelompok (4 - 5 orang) mengerjakan LKS. Guru memonitor kerja siswa, memberi motivasi untuk bekerja sama dan memberikan bantuan seperlunya.
5.      Guru memberikan waktu pada siswa untuk mendiskusikan secara bersama0sma soal yang dianggap sulit (jika ada).
6.      Guru membahas sifat komutatif, asosiatif, tertutup. Guru beserta siswa melakukan penguatan akan pengertian sifat-sifat tsb.
7.      Guru membahas sifat perkalian bilangan yang bertanda sama dan tidak sama, kemudian juga dibahas tentang pembagian.
8.      Guru dan siswa membahas soal no    (lihat penilaian)
9.      Guru membagikan LKS untuk dikerjakan oleh siswa

PENUTUP
1.      Guru bersama-sama siswa merangkum materi yang telah dibahas
2.      Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas serta memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa.
3.      Guru memberikan pekerjaan rumah yang diambil dari buku paket.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
       Buku paket, LKS, termometer dan penggaris

F.   PENILAIAN
     
      1. Teknik                     : Tes dan Penugasan
      2. Bentuk Instrumen    : Tes tertulis bentuk isian singkat dan uraian
      3. Contoh Instrumen    :

a.       Suhu udara dipagi hari -10 C. Setelah siang hari, suhu udara menjadi 11  C.
      Besar perubahan suhu udara adalah...
b.      Diketahui bilangan -3, 0, 7 dan 9. Tulislah bilangan-bilangan tersebut dalam
      garis bilangan.
c.       Hitunglah :
1.      2 + (-5)       = .....
2.      -3 – (-6)      = ....
3.      3 ¼  +  5/8  = ....
d. Tentukan nilai p, jika   / p + 1,5    = 4



Mengetahui                                                     Kuningan, Juli 2007
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran




------------------------                                  --------------------------
NIP                                                                NIP
                                                               


      













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : SMP …..
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : VII (tujuh) / 1 (satu)


Standar Kompetensi     : 2. Memahami bentuk Aljabar, Persamaan dan pertidaksamaan linear Satu Variabel

Kompetensi Dasar        : 2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

Indikator                      : Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku,  dan
                                      suku sejenis.

Alokasi waktu              : 2 x 40 menit (1 pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menemukan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis

B.     Materi Ajar:
Bentuk Aljabar

C.     Metode Pembelajaran:
Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

D.    Langkah-langkah kegiatan:
Pendahuluan :
Apersepsi   : Mengingat kembali tentang bilangan bulat..
Motivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

E.     Kegiatan Inti
1.      Dengan berdialog/tanya jawab siswa diarahkan ke pengertian koefisiaen, variabel, dan konstanta dengan memisalkan nama benda dengan salah satu huruf sebagai pengertian variabel, banyak benda sebagai pengertian koefisien.
2.      Siswa diberi pertanyaan lisan untuk menyebutkan mana yang merupakan variabel, dan mana yang merupakan konstanta.
3.      Siswa diingatkan kembali tentang faktor-faktor suatu bilangan bulat.
4.      Dengan bekal pengetahuan tentang faktor-faktor suatu bilangan bulat tersebut siswa dibimbing untuk menentukan faktor-faktor bentuk aljabar pada suku satu atau lebih.
5.      siswa diberi pertanyaan secara lisan mengenai nama suku (sesuai banyaknya suku), faktor bentuk aljabar, dan menyebutkan suku-suku yang sejenis.
Penutup
  1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
  3. Guru memberikan tugas PR.




F.      Alat dan Sumber Belajar
      Buku teks, buah-buahan/ model buah

G.  Penilaian
Teknik                    : Tes Lisan
Bentuk Instrumen    : Pertanyaan Lisan


      Contoh Instrumen :

1.      Dari bentuk aljabar 2x + 3 , manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstanta ?
2.      Tentukan faktor-faktor dari :
a.       2p
b.      6r2
c.       4x3






                                                                        Cinere, 4 Juli 2006
                                                                        Guru Mata Pelajaran,




                                                                       
                                                                        NIP 131 260 096













No comments:

Post a Comment