Tuesday 30 October 2012

RPP DAN SILABUS MATEMATIKA

Silabus


Jenjang                     :   SMP  dan MTs
Mata Pelajaran        :   Matematika
Kelas                          :   VII
Semester                   :   2

Standar Kompetensi   : GEOMETRI               
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan /
Alat

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

6.1     Mengidentifi-kasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.


Segitiga dan Segi Empat.

·      Menemukan jenis-jenis segitiga.


·      Menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.







·      Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya (segitiga siku-siku, lancip, tumpul) dengan menggunakan model segitiga.



·      Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya (segitiga sembarang, sama kaki, sama sisi) dengan menggunakan model segitiga.



·      Menyelidiki berapa derajat jumlah sudut dalam segitiga, serta jumlah sudut luar segitiga.



·      Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.


·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.   Diketahui segitiga dengan besar tiap-tiap sudutnya , dan . Segitiga apakah itu?.Jelaskan.   

2.   Dari segitiga PQR diketahui sisi PQ = QR. Segitiga PQR merupakan segitiga ......



2 ´ 40
   menit.

Sumber:
·     Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VII     Semester 2, hal. 284,    285-290.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP


6.2.    Mengidentifi-kasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.

·      Mengingat segi empat.










·      Mengidentifi-kasi sifat-sifat segi empat.



·      Mengenal bentuk bangun datar seperti jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang.
·      Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.


·      Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.

·    Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.

·    Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya.


·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.     Persegi merupakan belah ketupat dengan sifat khusus. Berdasarkan pernyataan tersebut, buatlah pengertian persegi.







2.     Tulislah nama bangun datar yang sesuai dengan sifat berikut. Jawaban dapat lebih dari satu.
a.        Sisi yang berhadapan sama panjang.
b.        Sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar.
c.        Diagonal-diagonalnya  membagi 2 sama panjang.


 2 ´ 40
   menit.

Sumber:
·     Buku paket hal. 271-274, 274-283.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP


6.3.    Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

·      Menghitung keliling dan luas segi empat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.  
·      Menghitung keliling dan luas segitiga dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.  





·      Menghitung keliling dan luas bangun datar dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.  


·      Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya.
·      Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak (satuan luas).
·      Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang.
·      Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang.






·      Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah.


·    Menurunkan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat.















·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat.


·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.   Tentukan luas dan kelilng segi empat berikut.

          
       5 cm

                          8 cm

 2.   Tentukan luas dan keliling segitiga berikut.


 
                         
               6,4 cm             4 cm          
  

                        5 cm             





3.   Diagram di bawah ini menunjukkan taman berbentuk segitiga.

                   6 m              10 m

                         10 m
Tutik ingin memberi pupuk ke seluruh tanah di tamannya. Satu bungkus pupuk dapat digunakan untuk memupuki 8 m2. Berapa
bungkus pupuk yang akan diperlukan Tutik?


6 ´ 40
   menit.

Sumber:
·     Buku paket hal.300-307, 307-312,  312-320.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP

6.4.    Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

·      Melukis garis.



·      Melukis segitiga.





·      Melukis garis pada segitiga.





·      Menyelidiki segitiga sama kaki dan sama sisi.


·      Menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis garis tegak lurus, garis bagi sudut, dan sumbu ruas garis.
·      Menggunakan penggaris, jangka, dan busur  untuk melukis segitiga, jika diketahui:
- Ketiga sisinya
      - Dua sudut dan satu sudut apitnya
      - Satu sisi dan dua sudut

·      Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga.



·      Menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.


·      Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.



·      Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga.

·      Melukis segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.


·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.   Lukislah sebuah segitiga jika diketahui besar 2 sudutnya adalah  dan 80o , dan satu sisinya adalah 5 cm.







2.  Diketahui sebuah segitiga PQR dengan sisi 6 cm, 8 cm, dan      9 cm. Lukislah semua garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu segitiga tersebut.
    
3.  Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 4 cm dan AB = 3 cm.

4 ´ 40
 menit.

Sumber:
·     Buku paket hal. 290-293, 293-297,  297-299,  299-300, 321, 322-325, 325, 326.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP


Segitiga dan Segi Empat.



·     Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan segitiga dan segi empat.




·      Mengerjakan soal dengan  baik berkaitan dengan materi mengenai segitiga dan  segi empat.



·   Ulangan harian.

·  Uraian singkat.





·  Pilihan ganda.




1.   Diketahui layang-layang OABC dengan O(0, 0), A(8, 5), B(8, 3), dan C(5, 8). Tentukan luas laying-layang itu.



2.    Sebuah segitiga siku-siku mempunyai alas dan tinggi yang sama dengan panjang dan lebar suatu persegi panjang. Perbandingan kelilingnya adalah ….
a.  Keliling segitiga sama besar
b.  Keliling persegi panjang lebih besar.
c.  Kelilingnya sama      
d.  Tidak dapat dijelaskan


 2 ´ 40
  menit.

Sumber:
·     Buku paket hal. 271-326.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP


























Jakarta,…………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran Matematika
                               Kepala Sekolah






                                          __________________                                                                                                                                                                               __________________
                                              NIP.                                                                                                                                                                                                                        NIP.

No comments:

Post a Comment